Pemprov DKI Ingin Bangun Rusun Ramah Lingkungan

0
Sumber Foto Wihdan/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan ingin membangun rumah susun yang ramah lingkungan mulai tahun depan. Ide tersebut Jokowi lontarkan saat melihat rumah masa depan yang berada di lingkungan pabrik Panasonic.

Rumah masa depan sendiri, secara fisik sebenarnya sama dengan rumah pada umumnya. Hanya saja, rumah tersebut mendapatkan listrik dari tenaga surya atau matahari.

“Rumah masa depan ini semua pakai solar panel, mulai dari kulkas, televisi, lampu. Setelah dicek, saya berpikiran untuk rusun tahun depan harus dikonsep dengan ramah lingkungan atau eco concept seperti yang kita lihat ini,” ujar dia di pabrik Panasonic di Jalan Raya Bogor, Selasa (8/10).

Sementara itu, pemilik Panasonic Gobel Grup, Rahmat Gobel mengatakan, rumah masa depan yang sedang dibangun untuk perumahan karyawannya tersebut dapat menghemat energi hingga 25 persen.

Dia juga mengatakan siap membantu Pemprov DKI jika diminta untuk membantu menyukseskan program rumah susun ramah lingkungan. Bahkan, kata dia, Panasonic akan memberikan bantuan tersebut sebagai bentuk CSR perusahaan.

“Konsep rumah masa depan Panasonic itu akan menjadi bagian dari CSR. Mudah-mudahan bisa menjawab kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR