Home / kegiatan / Rapat Pleno Forum Bangunan Hijau

Rapat Pleno Forum Bangunan Hijau

Jakarta, 23 Agustus 2017. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali melaksanakan Rapat Pleno Forum Bangunan Hijau. Rapat Pleno ini secara rutin diadakan setiap 1 bulan sekali dengan di koordinir oleh Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup. Rapat dihadiri oleh para stakeholders baik dari Pemerintah Pusat (Kemen PUPR), Pemerintah Daerah DKI Jakarta (Kedeputian TRLH; Bappeda; Dinas Lingkungan Hidup; Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan; Dinas Perindustrian dan Energi; Damkar; Biro AKAS), Asosiasi (IFC, GBCI, GPCI, CoAction, UNEP, Jakarta 100RC, Building Construction Authority(BCA Singapura)), Akademisi (Universitas Indonesia Fakultas Tehnik; Prof Idrus), Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG).

Agenda yang dibahas dalam pleno forum Bangunan Hijau kali ini adalah: (i) Kemajuan working group GDGB, (ii) Pelatihan untuk implementasi Green Building, (iii) Pendanaan untuk pengadaan tenaga ahli masterplan green zone Daan Mogot, (iv) Penyampaian rencana Kampanye Hemat Energi oleh CoAction, (v) rencana untuk merevisi Peraturan Gubernur No. 38 Tahun 2012 Tentang Bangunan Gedung Hijau, dan (vi) Penyampaian Hasil Lokakarya Jakarta CCM Training dalam hal terkait penyusunan proposal untuk DKI Jakarta NAMAs (National Appropiate Mitigation Actions).

Keberadaan Grand Design Green Building membuka banyak kesempatan dari Organisasi Luar untuk memberikan kontribusi bantuannya kepada DKI Jakarta, dan Forum Bangunan Hijau merupakan ajang untuk para stakeholder saling memberi masukan, ide dan usulannya. Building Construction Authority (BCA) Singapura dan UNEP adalah asosiasi yang sudah menyatakan keinginannya untuk turut memberikan kontribusinya untuk implementasi Bangunan Gedung Hijau di DKI Jakarta.

Baca juga

Pertemuan Berkala Rapat Pleno Bangunan Gedung Hijau bulan Mei 2018

Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup kembali menyelenggarakan Pertemuan berkala bangunan gedung hijau. …