Home / kliping / ‘Pulau Sampah’ di Teluk Jakarta Mulai Dikeruk

‘Pulau Sampah’ di Teluk Jakarta Mulai Dikeruk

Tumpukan sampah di Pantai Utara Jakarta bisa dipijak manusia, karena sudah menyerupai daratan baru atau pulau. Padahal, sampah itu baru ‘berkumpul’ Februari lalu akibat gelombang ‘Angin Barat’ yang berasal dari Laut Jawa.

Untuk menanggulangi tumpukan sampah tersebut ‘Pasukan Oren’ gabungan Suku Dinas Lingkungan Hidup Wilayah Kep. Seribu dan Jakarta Utara bahu-membahu mengeruk tumpukan sampah di Pantai Kampung Blok Empang, Muara Angke, Jakarta Utara.

“Secara wilayah,  pantai ini masuk wilayah Jakarta Utara, tapi ketika sampah itu menyentuh laut kami juga ikut andil dalam membersihkannya,” ujar Yusen Hardiman, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu.

Sampah Menumpuk di Teluk Jakarta 1-cw5

Pasukan Oren Mulai Keruk Sampah di Teluk Jakarta.(Cw5)

Sampah seluas 1000 meter kubik ini diambil dengan tangan kosong untuk kemudian diangkut dengan 4 kapal motor milik Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, lalu dibawa dengan 8 truk besar menuju Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Bantar Gebang, Bekasi.

Bahkan, para ‘Pasukan Oren’ tetap mengeruk sampah ketika hujan deras mengguyur lokasi. Perlahan-lahan, permukaan air mulai terlihat setelah sebelumnya menyerupai sebuah daratan. “Kerja, kerja, kerja!” teriak beberapa ‘Pasukan Oren’ di lokasi.

Menurut Yusen,  sampah sebanyak itu tidak akan bisa dibersihkan selama 1 hari. Rencananya, pihak Suku Dinas LH Kep. Seribu akan  terus menggempur sampah hingga sepekan ke depan.

“Sampai seminggu pembersihannya, kami dibantu juga oleh komunitas pecinta lingkungan setempat,” katanya. (Cw5/tri)

sumber: https://poskotanews.com/2018/03/17/pulau-sampah-di-teluk-jakarta-mulai-dikeruk/

Baca juga

Dari 69 Gedung yang Kena Razia Air di Sudirman-Thamrin, Baru 4 yang Sudah Penuhi Ketentuan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Pemprov DKI Jakarta Benny …