Home / kegiatan / Pertemuan Berkala Forum Bangunan Gedung Hijau

Pertemuan Berkala Forum Bangunan Gedung Hijau

Kedeputian bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup kembali menyelenggarakan Pertemuan Berkala Forum Bangunan Gedung Hijau/Green Building. Rapat dipimpin oleh Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dengan didampingi oleh Asisten Deputi bidang Tata Ruang. Pertemuan ini rutin diselenggarakan setiap bulannya oleh Kedeputian TRLH dengan mengundang seluruh stakeholder terkait.

Forum ini merupakan wadah koordinasi, diskusi dan pemecahan masalah bagi beragam pemangku kepentingan yang terkait dengan penerapan kebijakan bangunan gedung hijau di Provinsi DKI Jakarta. Dalam kesempatan ini terdapat 5 (lima) Agenda/pemaparan yang dibahas dan disampaikan, yaitu: (i) Pemaparan Penerapan Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang disampaikan oleh  DR. Arya Reza Widi dari  Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI)., (ii) Pemaparan rencana penyelenggaraan Expo Urbanscape & Greenery 2018 oleh GBCI., (iii) Pemaparan Perkembangan Jakarta Green Building Website ., (iv) Pemaparan Progres Revisi Pergub 38/2012 tentang Bangunan Gedung Hijau oleh DPMPTSP., (v) Implementasi Instruksi Gubernur Nomor: 30 tahun 2017 tentang Percepatan Pengembangan Kawasan  Rusunawa Daan Mogot  Sebagai Kawasan Hijau oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

Pertemuan Berkala Forum Bangunan Gedung Hijau bulan Maret 2018 dihadiri oleh 45 peserta yang terdiri dari para pemangku kepentingan terkait, yaitu unsur dari Pemerintah Pusat (Kementerian PUPR); Pemerintah Daerah Prov. DKI Jakarta (Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertananahan (CKTRP), Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Dinas Perindustrian dan Energi (DPE), Dinas Kominfotik, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Pendidikan, Dinas Penanggulan Kebakaran dan Penyelamatan, Biro PKLH, Biro Umum, Biro Perekonomian, Biro Administrasi); BUMD (PD. PAM Jaya dan PD. PAL Jaya); Asosiasi (Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Green Building Council Indonesia (GBCI), Green Product Council Indonesia (GPCI))Lembaga Non Pemerintah (Co Action Indonesia, IFC ) dan Private (Ad House Indonesia)

Dalam pertemuan ini, disampaikan banyak perkembangan mengenai kemajuan dari proses revisi pergub bangunan hijau yang hingga sekarang pihak DPMPTSP bersama dengan TABG masih membahasnya secara intensif. Kedeputian TRLH juga akan menindaklanjuti dengan lebih detail lagi terkait agenda penerapan Energi Terbarukan dengan menggunakan Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya, diharapkan dapat terjalin kerjasama dengan AESI dan Lembaga non pemerintah lainnya dalam membantu Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan awareness akan perlunya penggunaan EBT tersebut.

Baca juga

Pertemuan Berkala Rapat Pleno Bangunan Gedung Hijau bulan Mei 2018

Kedeputian Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup kembali menyelenggarakan Pertemuan berkala bangunan gedung hijau. …